Pengadaan Barang B2B Eprocurement, Kunci Tata Kelola Transparan

Apa yang ada di benak kamu bila mendengar kata pengadaan barang B2B? Belanja barang kebutuhan kantor secara daring yang tetap dengan sistem tak transparan? Mungkin iya. Namun, kini kamu bisa tenang dalam melakukan pengadaan barang dan jasa secara daring. Sebab, hal itu kini memungkinkan untuk membuat tata kelola usaha lebih transparan.

Pengadaan Barang B2B Eprocurement

Tantangan yang Sering Dihadapi dan Bisa Diatasi dengan Pengadaan Barang B2B
Salah satu tantangan dalam perngadaan barang yang selama ini terjadi adalah sistem yang tak trasparan sehingga menjadi lahan basah bagi sebagian orang. Selain itu, tidak efisien dalam hal waktu dan juga rentan penyelewangan adalah hal yang harus dihadapi setiap saat. Tak jarang, pengadaan barang dan jasa seringkali molor karena hal teknis dan non teknis.

Oleh sebab itu, kini pengadaan barang dan jasa lebih diarahkan ke sistem daring saja. Dengan memanfaatkan B2B ecommerce yang memang khusus untuk pengadaan barang, hal itu bisa diatasi. Hal-hal yang bisa merugikan bisnis dan perusahaan tersebut bisa lebih diminalisir dengan sistem daring yang lebih ketat.

Salah satu yang menjadikan penyelewengan dan tindakan yang merugikan bisnis itu bisa dihindari adalah karena proses kontrol yang dilakukan secara digital. Dengan hal ini, pihak yang menyediakan barang tidak memungkinkan untuk mengubah harga sebab ada kontrol dari pengembang platform itu sendiri.

Apa Keuntungan Pengadaan Barang B2B Ini?
Tentu saja, seperti yang dikatakan tadi, ada keuntungan yang bisa kamu dapat dengan mengadakan sistem pengadaan barang secara daring. Selain bisa mengatasi masalah penyelewangan yang merugikan, kamu juga bisa lebih efisien dalam hal biaya. Sebab, seluruh proses diawsi mulai dari proses lelang hingga pemilihan vendor.

Selain itu, kamu juga bisa lebih efisien dalam hal waktu. Biasanya proses pengadaan barang ini memakan waktu berminggu-minggu bila dilakukan secara manual. Namun dengan cara digital ini, dalam hitungan hari saja semua sudah bisa diselesaikan. Keuntungan lainnya yang bisa didapat dengan pengadaan barang sistem daring ini adalah efisiensi dalam hal SDM.

Kebutuhan SDM dalam menyediakan barang yang dibutuhkan bisa lebih efisien karena para karyawan bisa bekerja untuk tugasnya yang lain alias tak perlu pergi keluar untuk memilah barang yang dibutuhkan. Hal ini dikarenakan ada proses otomatisasi dalam pembelanjaan barang dan jasa secara daring ini.

Dengan begitu, perusahaan bisa mengoptimalkan kinerja karyawannya ke hal yang lebih strategis untuk pengembangan usaha. Selain itu, penerapan pengadaan barang dan jasa secara digital ini juga bisa menghadapi tantangan berupa resistensi dari individu pelaksana pengadaan barang yang kurang menguasai teknologi dan memiliki budaya korup.

Hal ini yang sering terjadi dalam proses pengadaan barang secara manual. Namun, tentunya untuk mengadakan ini, perlu sosialisasi dan edukasi yang lebih baik agar semua pihak mengerti maksudnya.

Jadi, sekarang kamu bisa makin mudah saja dalam memenuhi kebutuhan perusahaanmu. Tak ada lagi juga hal yang bisa merugikan bisnis. Nah, kamu bisa memilih MbizMarket sebagai salah satu tempat belanja untuk pengadaan barang dan jasa bisnismu. Mbizmarket solusi pengadaan barang online no 1 di Indonesia dan terlengkap yang bisa kamu kunjungi!

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengadaan Barang B2B Eprocurement, Kunci Tata Kelola Transparan"

Post a Comment